Selasa, 21 April 2009

PROPOSAL TUGAS AKHIR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan dalam berbagai Bidang Perekonomian, menyebabkan pengendalian dalam perusahaan dirasakan semakin penting, diantaranya yaitu menyangkut masalah penagihan piutang. Hal tersebut berpengaruh terhadap Cash Flow Perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang optimal (keuntungan terus-menerus) yang telah direncanakan. Dan semakin banyaknya perusahaan yang didirikan maka persaingan dunia usaha akan semakin ketat. Untuk mempertahankan atau merebut konsumen maka perusahaan melakukan penjualan secara kredit, yang tentunya akan menimbulkan piutang dagang perusahaan. Penjualan yang dilakukan secara kredit mempunyai resiko yang tinggi karena ada kemungkinan pelanggan tidak dapat membayar tepat pada waktunya sehingga mengakibatkan jumlah piutang akan semakin bertambah besar dan piutang yang tidak dapat ditagih akan semakin banyak.
Piutang dagang merupakan salah satu harta lancar perusahaan yang turut berperan dalam kelancaran operasi perusahaan. JIka piutang dagang yang sudah jatuh tempo tidak dapat tertagih karena sesuatu hal maka akan menyebabkan resiko kerugian bagi pihak yang bersangkutan. Untuk menghindari hal-hal tersebut diatas maka manajemen perlu mengadakan revisi secara menyeluruh tentang penagihan terhadap perusahaan.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam proposal tugas akhir ini penulis melakukan pembahasan mengenai “Sistem Penagihan Piutang Pada PT. Sisma Nusa Mandiri”. Harapan penulis semoga proposal ini dapat disetujui sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian komprehensip (Sidang Tugas Akhir) untuk memperoleh gelar Diploma Tiga pada program studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Persada.

B. Pembatasan Masalah

Agar pembahasan tidak terlalu luas maka, penulis membatasi pembahasan Proposal Tugas Akhir ini dalam hal penagihan piutang dagang.

C. Perumusan Masalah

Demi tercapainya harapan dari pemilik perusahaan atau pemegang saham, maka manajemen perlu menerapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan tentang pemeriksaan intern agar perusahaan terhindar dari kecurangan-kecurangan dan segala bentuk upaya yang dapat merugikan perusahaan.
Sesuai dengan latar belakang masalah yang dinyatakan diatas, maka terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yang dapat merugikan perusahaan :
1. Bagaimana system penagihan yang ada pada PT. Sisma Nusa Mandiri?

2. Metode apakah yang digunakan untuk PT, Sisma Nusa Mandiri?

D. Hipotesa

1. Sistem penagihan piutang yang dilakukan oleh PT. Sisma Nusa Mandiri sudah sesuai dengan system akuntansi yang ada.
2. Metode penghapusan piutang yang ditetapkan adalah metode penghapusan langsung.

E. Tujuan dan Manfaat

1. Tujuan Penulisan
a. Untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program Diploma Tiga pada program studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Persada.
b. Untuk membandingkan teori-teori yang didapat semasa perkuliahan dengan penerapan system penagihan yang ada pada PT. Sisma Nusa Mandiri.
2. Manfaat Penulisan
a. Bagi Penulis.
Memahami dan menambah pengetahuan dan dapat mengeimplemantasikan ilmu yang diperoleh semasa perkuliahan.
b. Bagi Perusahaan.
Dapat digunakan sebagai bahan masukkan bagi PT. Sisma Nusa Mandiri didalam melakukan System Penagihan Piutang.
c. Bagi Pembaca
Untuk dapat menjadi bahan masukan didalam memperluas pengetahuan tentang judul yang penulis jelaskan.


F. Metode Penulisan
1. Metode Pengumpulan Data.
a. Study Pustaka (Library Risearch)
Yaitu penelitian yang dilakukan diperpustakaan untuk mengumpulkan data-data sekunder yang bersumber pada buku-buku, literature-literature, brosur-brosur dan dokumen yang berhubungan dengan masalah yang menjadi objek penelitian.
b. Observasi (Pengamatan)
Yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan objek yang diteliti, bagaimana proses atau prosedur penagihan piutang yang dilaksanakan oleh manajemen PT. Sisma Nusa Mandiri yang akan penulis gunakan sebagai analisa pembahasan.
c. Wawancara (Interview).
Yaitu dengan mengadakan tatap muka secara langsung dengan berbagai pihak yang terkait didalam mengumpulkan data-data perusahaan yang penulis perlukan sebagai bahan pembahasan proposal Tugas Akhir ini.
2. Data yang dibutuhkan
- Terdapat dalam Neraca tahun 2006 & 2007, Laporan Rugi Laba 2006 & 2007.
3. Metode Analisa Data
Dalam metode analisa, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan dengan cara membandingkan data yang satu dengan data yang lainnya dan menjelaskan secara sistematis atas permasalahan serta kesimpulan terakhir yang dihasilkan.
G. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penyusunan dan pembahasan tugas akhir ini, penulis akan menguraikan secara garis besarnya dalam beberapa bab penulis dengan rincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada Bab ini penulis membahas latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, hipotesa, tujuan dan manfaat penulisan, metode penulisan, serta sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam Bab ini menjelaskan teori-teori yang menjadi landasan dalam memaparkan pokok permasalahan.
BAB III : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam Bab ini menerangkan tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi serta description job dari masing-masing bagian.
BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Dalam Bab ini penulis menjelaskan mengenai system penagihan piutang pada PT. Sisma Nusa Mandiri sesuai System Akuntansi yang ada untuk mendapatkan pemecahan masalah.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini penulis akan mengemukakan kesimpulan dan saran-saran yang berhubungan dengan masalah-masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar