Selasa, 21 April 2009

PROPOSAL TUGAS AKHIR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan dalam berbagai Bidang Perekonomian, menyebabkan pengendalian dalam perusahaan dirasakan semakin penting, diantaranya yaitu menyangkut masalah penagihan piutang. Hal tersebut berpengaruh terhadap Cash Flow Perusahaan dalam memperoleh keuntungan yang optimal (keuntungan terus-menerus) yang telah direncanakan. Dan semakin banyaknya perusahaan yang didirikan maka persaingan dunia usaha akan semakin ketat. Untuk mempertahankan atau merebut konsumen maka perusahaan melakukan penjualan secara kredit, yang tentunya akan menimbulkan piutang dagang perusahaan. Penjualan yang dilakukan secara kredit mempunyai resiko yang tinggi karena ada kemungkinan pelanggan tidak dapat membayar tepat pada waktunya sehingga mengakibatkan jumlah piutang akan semakin bertambah besar dan piutang yang tidak dapat ditagih akan semakin banyak.
Piutang dagang merupakan salah satu harta lancar perusahaan yang turut berperan dalam kelancaran operasi perusahaan. JIka piutang dagang yang sudah jatuh tempo tidak dapat tertagih karena sesuatu hal maka akan menyebabkan resiko kerugian bagi pihak yang bersangkutan. Untuk menghindari hal-hal tersebut diatas maka manajemen perlu mengadakan revisi secara menyeluruh tentang penagihan terhadap perusahaan.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka dalam proposal tugas akhir ini penulis melakukan pembahasan mengenai “Sistem Penagihan Piutang Pada PT. Sisma Nusa Mandiri”. Harapan penulis semoga proposal ini dapat disetujui sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian komprehensip (Sidang Tugas Akhir) untuk memperoleh gelar Diploma Tiga pada program studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Persada.

B. Pembatasan Masalah

Agar pembahasan tidak terlalu luas maka, penulis membatasi pembahasan Proposal Tugas Akhir ini dalam hal penagihan piutang dagang.

C. Perumusan Masalah

Demi tercapainya harapan dari pemilik perusahaan atau pemegang saham, maka manajemen perlu menerapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan tentang pemeriksaan intern agar perusahaan terhindar dari kecurangan-kecurangan dan segala bentuk upaya yang dapat merugikan perusahaan.
Sesuai dengan latar belakang masalah yang dinyatakan diatas, maka terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yang dapat merugikan perusahaan :
1. Bagaimana system penagihan yang ada pada PT. Sisma Nusa Mandiri?

2. Metode apakah yang digunakan untuk PT, Sisma Nusa Mandiri?

D. Hipotesa

1. Sistem penagihan piutang yang dilakukan oleh PT. Sisma Nusa Mandiri sudah sesuai dengan system akuntansi yang ada.
2. Metode penghapusan piutang yang ditetapkan adalah metode penghapusan langsung.

E. Tujuan dan Manfaat

1. Tujuan Penulisan
a. Untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program Diploma Tiga pada program studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Persada.
b. Untuk membandingkan teori-teori yang didapat semasa perkuliahan dengan penerapan system penagihan yang ada pada PT. Sisma Nusa Mandiri.
2. Manfaat Penulisan
a. Bagi Penulis.
Memahami dan menambah pengetahuan dan dapat mengeimplemantasikan ilmu yang diperoleh semasa perkuliahan.
b. Bagi Perusahaan.
Dapat digunakan sebagai bahan masukkan bagi PT. Sisma Nusa Mandiri didalam melakukan System Penagihan Piutang.
c. Bagi Pembaca
Untuk dapat menjadi bahan masukan didalam memperluas pengetahuan tentang judul yang penulis jelaskan.


F. Metode Penulisan
1. Metode Pengumpulan Data.
a. Study Pustaka (Library Risearch)
Yaitu penelitian yang dilakukan diperpustakaan untuk mengumpulkan data-data sekunder yang bersumber pada buku-buku, literature-literature, brosur-brosur dan dokumen yang berhubungan dengan masalah yang menjadi objek penelitian.
b. Observasi (Pengamatan)
Yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung dengan objek yang diteliti, bagaimana proses atau prosedur penagihan piutang yang dilaksanakan oleh manajemen PT. Sisma Nusa Mandiri yang akan penulis gunakan sebagai analisa pembahasan.
c. Wawancara (Interview).
Yaitu dengan mengadakan tatap muka secara langsung dengan berbagai pihak yang terkait didalam mengumpulkan data-data perusahaan yang penulis perlukan sebagai bahan pembahasan proposal Tugas Akhir ini.
2. Data yang dibutuhkan
- Terdapat dalam Neraca tahun 2006 & 2007, Laporan Rugi Laba 2006 & 2007.
3. Metode Analisa Data
Dalam metode analisa, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan dengan cara membandingkan data yang satu dengan data yang lainnya dan menjelaskan secara sistematis atas permasalahan serta kesimpulan terakhir yang dihasilkan.
G. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penyusunan dan pembahasan tugas akhir ini, penulis akan menguraikan secara garis besarnya dalam beberapa bab penulis dengan rincian sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada Bab ini penulis membahas latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, hipotesa, tujuan dan manfaat penulisan, metode penulisan, serta sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam Bab ini menjelaskan teori-teori yang menjadi landasan dalam memaparkan pokok permasalahan.
BAB III : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam Bab ini menerangkan tentang sejarah perusahaan, struktur organisasi, visi dan misi serta description job dari masing-masing bagian.
BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Dalam Bab ini penulis menjelaskan mengenai system penagihan piutang pada PT. Sisma Nusa Mandiri sesuai System Akuntansi yang ada untuk mendapatkan pemecahan masalah.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada Bab ini penulis akan mengemukakan kesimpulan dan saran-saran yang berhubungan dengan masalah-masalah yang dibahas dalam tugas akhir ini.

Kamis, 16 April 2009

CONTOH TRANSAKSI BISNIS MELALUI INTERNET

Diperkenalkan oleh Arif Wicaksana - Malang

STOP PROMOSI MELELAHKAN!!

Bagaimana Cara Termudah Menempatkan Website dan Iklan Anda di Halaman Pertama Google Hanya Dalam Hitungan Jam!! PLUS Cara mudah menyebarkan iklan anda ke semua Media Online sehingga iklan anda mendapatkan banyak respon

Buktikan efektifitas program ini, kami memberi bukti nyata dalam bentuk demo tools-nya, banyak program lain yang meng-klaim memiliki metode promosi canggih dan efektif tetapi tidak pernah menyertakan fasilitas demo dan pada akhirnya banyak yang kecewa karena tidak sesuai dengan promo boombastis-nya.

Saatnya kedepankan bukti nyata, bukan janji-janji belaka!!

Pembaca yang kami hormati,

Apakah selama ini anda telah mengeluarkan banyak TENAGA, WAKTU, dan BIAYA untuk promosi di internet?? Namun ternyata hasilnya tidak seperti yang diharapkan?? Bisnis anda masih saja sepi. Maka anda harus menggunakan PROMO SUPER EFEKTIF!!

PROMO SUPER EFEKTIF mampu membuat website dan iklan anda terlisting di HALAMAN PERTAMA Google hanya dalam HITUNGAN JAM, dengan keyword yang anda kehendaki. Tentu anda sudah tahu saat ini Google adalah search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet seluruh dunia. Tentu saja merupakan suatu kebanggaan dan prestasi tersendiri jika website ataupun iklan anda bisa tampil di halaman pertama (10 Besar) Google, tidak hanya 'asal' tampil, namun bisa tampil dengan keyword yang anda inginkan.

Apa imbasnya jika website dan iklan anda bisa tampil di halaman pertama Google dengan keyword yang anda kehendaki ?
  • Tentu saja jumlah pengunjung website dan iklan anda meningkat tajam
  • Berarti website dan iklan anda banyak dilihat orang
  • Website dan iklan anda menjadi populer
  • Jika sudah populer, bagi yang berorientasi bisnis akan sangat mudah mendatangkan sponsor ke website anda.
  • Bagi yang berorientasi niaga barang maupun jasa, berarti peluang penjualan akan meningkat tajam
  • Anda bisa menentukan sendiri target pengunjung yang ingin anda raih berdasarkan keyword yang telah anda seting.
  • Kami yakin masih banyak keuntungan lainnya

Namun pastinya anda tahu, agar bisa menempatkan website dan iklan anda di 10 BESAR GOOGLE bukanlah hal yang mudah, cenderung sulit, bahkan untuk sebagian besar orang cenderung teramat sulit. Hal ini dikarenakan persaingan yang begitu ketat, netter seluruh dunia menginginkan website dan iklannya tampil di halaman pertama Google.

Yang kami bicarakan adalah tampilnya website dan iklan anda di halaman pertama Google dengan keyword yang anda kehendaki, jika website dan iklan anda bisa tampil di 10 Besar Google namun dengan keyword yang tidak populer.....maka lupakan saja karena website dan iklan anda tidak akan ditemukan oleh para pengguna search engine.

Apakah selama ini anda kesulitan atau bahkan SANGAT kesulitan untuk menempatkan iklan ataupun website anda di Google dengan keyword yang anda kehendaki?? atau jangankan 10 besar, bahkan 20, 30, 40, 50 besar dst pun website anda tidak tercantum??

Atau anda harus bayar mahal untuk sebuah management SEO?? Banyak yang menawarkan teknik SEO dengan harga jutaan rupiah, itupun belum tentu website anda dapat terlisting dalam hitungan hari, bahkan pada akhirnya banyak yang tidak terbukti!!

Kini tidak lagi!! dengan PROMO SUPER EFEKTIF ini maka website dan iklan anda bisa dengan cepat muncul di 10 Besar Google, dengan keyword yang anda kehendaki!!

YANG PERLU ANDA LAKUKAN :
Memiliki website atau apapun yang akan anda iklankan tentunya
Menyiapkan dua sampai tiga keyword utama untuk ditempatkan di Judul Pesan
Menyiapkan beberapa keyword tambahan sehingga menjadi satu kesatuan kalimat untuk ditempatkan dalam Isi Pesan

HANYA ITU!! Selebihnya biarkan tools kami yang bekerja!! Setelah selesai cek di Google beberapa jam kemudian. Bahkan anda dapat melakukan promosi sekaligus ke 505 mailing list bisnis dan periklanan TANPA SUBSCRIBE, dengan jumlah anggota ratusan ribu orang serta promosi sekaligus ke 270-an iklan baris captcha (iklan baris captcha yang kami pilih karena berdasarkan statistik kami sangat populer dan banyak pengunjungnya). Sungguh promosi yang sangat murah, efektif, efisien, dan hasilnya luar biasa!!

Kami tawarkan PROMO SUPER EFEKTIF ini dengan harga Rp. 300.000 saja. Mahal ?? Ditempat lain ditawarkan dengan nilai jutaan rupiah, silahkan cek.

TAPI TUNGGU DULU!! Untuk ke harga Rp. 300.000 selalu ada tahapannya :

  • HARGA DISKON tanggal 16 - 30 April 2008 yang lalu Rp. 83.000
  • HARGA PROMO tanggal 1 - 15 Mei 2008 Rp. 93.000
  • HARGA TOLERANSI (16 Mei 2008 - Pasca BBM NAIK) Rp. 79.000
  • HARGA LALU (16 Agustus 2008 sampai 14 Desember 2008) Rp. 83.000
  • HARGA SAAT INI Rp. 90.000

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI AKTIVITAS BISNIS

Peranan TI dalam Manajemen Supply Chain

Added : Tuesday, September 23rd 2008 by artikelekoindrajit

Konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan Teknologi Informasi (TI). Bahkan kalau dilihat dari sejarahnya, justru kemajuan teknologi inilah yang melahirkan prinsip-prinsip dasar dari manajemen supply chain. Alasannya cukup sederhana, yaitu karena esensi dari pengintegrasian berbagai proses dan entiti bisnis di dalam domain supply chain management adalah melakukan “share” terhadap informasi yang dimiliki dan dihasilkan oleh berbagai pihak. Teknologi komputer dan telekomunikasi yang sangat cepat berkembang membuat penciptaan dan penyebaran informasi menjadi semakin cepat, murah, dan berkualitas baik. Secara umum, peranan teknologi informasi di dalam manajemen supply chain dapat dilihat dari dua perspektif besar:

· Perspektif Teknis

· Perspektif Manajerial

Perspektif Teknis

Dilihat dari sisi teknis, ada dua hal fungsi dari teknologi informasi yang harus dipenuhi, yaitu fungsi penciptaan dan fungsi penyebaran.

Fungsi Penciptaan

Aspek-aspek yang harus dapat dilakukan oleh teknologi informasi adalah sebagai berikut:

Teknologi informasi harus mampu menjadi medium atau sarana untuk mengubah fakta-fakta atau kejadian-kejadian sehari-hari yang dijumpai dalam bisnis perusahaan ke dalam format data kuantitatif. Ada dua cara umum yang biasa dipergunakan, yaitu secara manual dan otomatis. Yang dimaksud dengan manual adalah dilibatkannya seorang user untuk melakukan data entry terhadap fakta-fakta relevan di dalam aktivitas sehari-hari yang dipandang perlu untuk direkam. Misalnya catatan pengeluaran keuangan, keluhan pelanggan, pesanan konsumen, pengeluaran barang dari gudang, dan lain sebagainya. Sementara yang dimaksud dengan cara otomatis di sini adalah jika berbagai teknologi dipergunakan sebagai alat untuk merekam fakta dan mengubahnya menjadi data tanpa harus melibatkan unsur manusia sebagai data entry. Contohnya adalah penggunaan barcode untuk kode barang, smart card untuk data pelanggan, kartu kredit untuk pembayaran, dan lainsebagainya.

· Teknologi harus mampu merubah data mentah yang telah dikumpulkan tersebut menjadi informasi yang relevan bagi setiap penggunanya (stakeholders), yaitu manajemen, staf, konsumen, mitra bisnis, pemilik perusahaan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Bentuk pengolahan data menjadi informasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan pengelompokkan data sejenis, mendeskripsikan kumpulan data dalam bentuk statistik, membuat ringkasan data berdasarkan kelompok tertentu, memperlihatkan karakteristik data dari berbagai perspektif, dan lain sebagainya. Bagi manajemen dan staf perusahaan, informasi hasil olahan data ini merupakan data mentah yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan-keputusan strategismaupun taktis.

· Hasil dari pengambilan keputusan akan memberikan berbagai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja bisnis perusahaan. Informasi yang dihasilkan dari pengolahan data sehari-hari dilengkapi dengan pengalaman (jam terbang) dan intelektualitas sang pengambil keputusan pada akhirnya akan menjadi sebuah pengetahuan atau knowledge bagi yang bersangkutan. Feedback dari hasil pengambilan keputusan ini sangat baik untuk diketahui oleh berbagai pihak yang berkepentingan di dalam perusahaan. Hasil pengambilan keputusan yang baik harus menjadi contoh bagi orang lain di dalam perusahaan, sementara hasil yang buruk harus pula dipelajari agar tidak terjadi kembali di kemudian hari. Adalah tugas teknologi informasiselanjutnya, untuk mengolah informasi yang diperoleh dengan berbagai konteks organisasi yang ada, menjadi sebuah knowledge yang dapat diakses oleh semua pihak di dalam perusahaan.

· Akhirnya, kumpulan dari knowledge yang diperoleh dan dipelajari selama perusahaan beroperasi akan menjadi suatu bekal “kebijaksanaan” (wisdom) yang tidak ternilai harganya. Wisdom yang diperoleh merupakan hasil dari pembelajaran sebuah organisasi (learning organisation) yang akan merupakan identitas perusahaan di masa mendatang. Wisdom yang tertanam di masing-masing individu pelaku aktivitas bisnis sehari-hari diharapkan akan membuat perusahaan terkait menjadi sebuah organisasi yang selalu meningkat kinerjanya. Merubah knowledge menjadi wisdom merupakan tugas teknologi informasi yang terakhir dalam proses penciptaan. Telah banyak aplikasi-aplikasi dalam kategori artificial intelligence dan expert system yangtelah diimplementasikan di berbagai perusahaan multi nasional untuk menggantikan fungsi manusia dalam mengambil keputusan-keputusan kritikal di dalam bisnis.

Fungsi Penyebaran

Terhadap entiti-entiti fakta, data, informasi, knowledge, dan wisdom tersebut, teknologi informasi memiliki fungsi-fungsi yang berhubungan dengan aspek penyebaran sebagai berikut:

· Gathering. Teknologi informasi harus memiliki fasilitas-fasilitas yang mampu untuk mengumpulkan entiti-entiti tersebut dan meletakkannya di dalam suatu media penyimpan digital. Media penyimpan tersebut harus mampu untuk menangkap berbagai karakteristik unik dari entiti-entiti terkait, yang biasa direpresentasikan dalam berbagai bentuk format media (multi-media), seperti: teks, suara (audio), citra (image), gambar bergerak (video), dan lain-lain.

· Organising. Untuk memudahkan pencarian terhadap entiti-entiti tersebut di kemudian hari, teknologi informasi harus memiliki mekanisme baku dalam mengorganisasikan penyimpanan entiti-entiti tersebut di dalam media penyimpan. Konsep-konsep struktur data, database, dan sistem berkas merupakan dasar-dasar ilmu yang kerap dipergunakan sehubungan dengan kebutuhan ini.

· Selecting. Di saat berbagai pihak di dalam perusahaan membutuhkan entiti-entiti tersebut, teknologi informasi harus menyediakan fasilitas untuk memudahkan pencarian dan pemilihan. Teknologi portal merupakan salah satu cara yang sedang digemari oleh perusahaan dalam memecahkan permasalahan ini.

· Synthesizing. Tidak jarang para pengambil keputusan membutuhkan lebih dari satu entiti (gabungan beberapa entiti) untuk memudahkannya melihat situasi bisnis perusahaan. Contohnya adalah seorang manajer yang membutuhkan peta jalur distribusi rekanannya yang dilengkapi dengan data lengkap karakteristik masing-masing jalur. Di sini dibutuhkan gabungan antara media gambar (image) dengan teks. Teknologi informasi harus mampu memenuhi kebutuhan manajer ini dalam menggabungkan beberapa entiti menjadi satu paket kesatuan yang terintegrasi.

· Distributing. Akhirnya, teknologi informasi harus memiliki infrastruktur yang dapat menyalurkan berbagai entiti dari tempat disimpannya entiti-entiti tersebut ke pihak-pihak yang membutuhkannya. Proses menyebarkan entiti ini harus pula memperhatikan tingkat kebutuhannya, seperti kecepatan akses, penting tidaknya entiti, dan lain sebagainya. Untuk dapat mendistribusikan entiti multi media misalnya, dibutuhkan suatu media transmisi berpita lebar (high bandwidth) agar performa penyebaran dapat efektif.

Perspektif Manajerial

Dilihat dari sisi bisnis dan manajerial, terutama dalam kaitannya dengan Manajemen Supply Chain, ada 4 (empat) peranan yang diharapkan perusahaan dari implementasi efektif sebuah teknologi informasi.

Minimize Risks

Setiap bisnis memiliki resiko, terutama yang berkaitan dengan faktor-faktor keuangan. Pada umumnya resiko berasal dari adanya ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada di luar kontrol perusahaan. Contohnya adalah kurs mata uang yang berfluktuasi, perilaku konsumen yang dinamis, jadwal pemasokan barang yang tidak selalu ditepati, jumlah permintaan produk yang tak menentu, dan lain-lain. Saat ini berbagai jenis aplikasi telah tersedia untuk mengurangi resiko-resiko yang kerap dihadapi oleh bisnis, seperti: forecasting, financial advisory, market review, planning expert, dan lain-lain. Problem-problem klasik inventori seperti permasalahan lead time, stok barang, jalur distribusi pun telah tersedia aplikasinya yang biasanya menggunakan pendekatan simulasi. Kehadiran teknologi informasi selain harus mampu membantu perusahaan untuk mengurangi resiko bisnis yang ada, perlu pula menjadi sarana untuk membantu manajemen dalam mengelolaresiko (managing risks) yang dihadapi sehari-hari.

Reduce Costs

Tawaran lain yang ditawarkan oleh teknologi informasi adalah perbaikan efisiensi dan optimalisasi proses-proses bisnis di perusahaan. Peranan teknologi informasi sebagai katalisator dalam berbagai usaha mengurangi biaya-biaya operasional perusahaan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sehubungan dengan hal ini, biasanya ada empat cara yang ditawarkan oleh teknologi informasi untuk mengurangi biaya-biaya yang kerap dikeluarkan untuk kegiatan operasional sehari-hari. Keempat cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Eliminasi Proses. Implementasi berbagai komponen teknologi informasi mampu untuk menghilangkan atau mengeliminasi proses-proses yang dirasa tidak perlu (non value added processes). Contohnya adalah penyediaan ATM untuk mengurangi antrian nasabah di teller masing-masing bank, atau call center untuk menggantikan fungsi customer service dalam menghadapi keluhan pelanggan.

2. Simplifikasi Proses. Berbagai proses yang panjang dan berbelit-belit (birokratik) biasanya dapat disederhanakan dengan mengimplementasikan berbagai komponen teknologi informasi (database dan aplikasi misalnya). Sebut saja rangkaian proses permohonan kredit di bank hingga persetujuannya yang biasanya harus melalui beberapa meja, dapat dipersingkat dengan menggunakan aplikasi intranet. Atau proses transfer uang dari satu bank ke bank lainnya yang kerap harus melalui teller kini dapat dilakukan melalui situs bank terkait di internet.

3. Integrasi Proses. Teknologi informasi juga mampu melakukan pengintegrasian beberapa proses menjadi satu sehingga terasa lebih cepat dan praktis (secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan). Contohnya adalah proses permohonan Surat Ijin Mengemudi. Di negara maju, rangkaian proses serial semacam pengambilan foto, sidik jari, tanda tangan, berat badan, dan tinggi badan, telah dapat dilakukan secara simultan. Seorang pelamar tidak harus menghabiskan waktunya antre dari satu tempat ke tempat lainnya untuk melakukan rangkaian kegiatan di atas, tetapi cukup berdiri saja di suatu tempat dengan posisi tertentu, sehingga pemotretan, pengambilan sidik jari, penimbangan berat dan tinggi badan, serta penandatanganan dapat dilakukan secara bersamaan karena adanya perangkatdigital.

4. Otomatisasi Proses. Mengubah proses manual menjadi otomatis merupakan tawaran klasik dari teknologi informasi. Contohnya adalah aplikasi robotika di industri manufaktur untuk menggantikan manusia, atau fuzzy logic untuk menggantikan fungsi berbagai mesin dan peralatan, atau scanner untuk menggantikan fungsi mata manusia dalam meletakkan dan mencari barang di gudang, dan lain sebagainya.

Add Value

Peranan selanjutnya dari teknologi informasi adalah untuk menciptakan value bagi pelanggan perusahaan. Tujuan akhir dari penciptaan value tidak sekedar untuk memuaskan pelanggan saja (customer satisfaction), tetapi lebih jauh untuk menciptakan loyalitas (customer loyalty) sehingga pelanggan tersebut bersedia untuk selalu menjadi konsumen perusahaan untuk jangka waktu yang panjang (customer bonding). Kemampuan menciptakan relasi secara one-to-one antara perusahaan dengan pelanggan merupakan kunci dalam menjalin hubungan interaksi yang bermanfaat di mata pelanggan, selain usaha perusahaan untuk selalu menciptakan produk atau jasa yang lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat (cheaper, better, faster) dibandingkan dengan kompetitor bisnisnya. Yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa yang menentukan value atau tidaknya sebuah pelayanan atau proses adalah pelanggan atau pasar, bukan internal perusahaan, sehingga teknologi informasi selain harus mampu menciptakanvalue tersebut, dapat pula menjadi sarana efektif untuk mengidentifikasi hal-hal yang dapat ditransformasikan menjadi value bagi pelanggan perusahaan.

Create New Realities

Perkembangan teknologi informasi yang terakhir ditandai dengan pesatnya teknologi internet, telah mampu menciptakan suatu arena bersaing baru bagi perusahaan, yaitu di dunia maya. Berbagai konsep e-business semacam e-commerce, e-procurement, e-customers, e-loyalty, dan lain-lain pada dasarnya meruapakan suatu cara memandang baru di dalam menanggapi mekanisme bisnis di era globalisasi informasi. Price Waterhouse Coopers mengidentifikasi empat tahapan evolusi yang akan dihadapi oleh perusahaan modern karena berkembangnya teknologi informasi, yaitu:

1. Channel Enhancement – bagaimana teknologi informasi menyediakan kanal-kanal atau cara-cara baru dalam menjalin relasi antara para pelaku bisnis yang kesemuanya terkoneksi dengan arena bisnis baru di dunia maya tanpa mengenal kendala waktu dan ruang (time and space);

2. Value-Chain Integration – bagaimana berbagai perusahaan di dunia melalui dunia maya membentuk suatu jejaring bisnis (internetworking) yang saling bekerja sama untuk menciptakan produk atau jasa yang semakin lama semakin murah, cepat, dan berkualitas baik;

3. Industry Transformation – bagaimana dampak dari berbagai kemungkinan bisnis dan kerja sama antar perusahaan membawa perusahaan untuk melakukan redefinisi terhadap bisnis inti (core business) berdasarkan kompetensinya masing-masing, karakteristik produk dan jasa, serta segmentasi industri yang berkembang; dan

4. Convergence – bagaimana berbagai industri-industri yang terdahulu tersegmentasi menjadi saling bersinergi dan berkonvergensi akibat berbagai inovasi-inovasi produk dan jasa baru yang mungkin diciptakan dengan kehadiran teknologi informasi (across the industry boundaries).

CONTOH TRANSAKSI ONLINE

Definisi Paypal

Paypal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu.
Paypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit atau balance paypal anda yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksi.
Bulan Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan 16 mata uang, pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan hitungan US dollar karena rupiah belum ada di Paypal.
Ebay adalah tempat lelang/jual-beli/pasar-online terbesar didunia, dengan pengguna lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia (data juni 2006), anda dapat mencari dan membeli apapun mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga barang-barang langka dari seluruh pengguna ebay didunia, cara pembayaran utama di Ebay adalah dengan Paypal karena lebih aman dan otomatis, meskipun ada penjual yang menerima pembayaran dengan cara lain.
Paypal Lebih Aman Dari Alat pembayaran Online lainnya

Kebijaksanaan perlindungan tertulis untuk pembeli yang menggunakan Paypal menyatakan pembeli yang menggunakan Paypal dapat melakukan komplain dalam waktu 45 hari jika pembeli belum mendapatkan barang yang dipesan atau jika barang yang dipesan tidak sesuai deskripsi yang di beritahukan penjual. Jika pembeli menggunakan kartu kredit akan mendapatkan pengembalian uang chargeback dari perusahaan kartu kreditnya.

Paypal juga melindungi penjual dari pengembalian uang atau komplain tergantung situasi dan pembuktian. Kebijakan perlindungan tertulis untuk penjual dirancang untuk melindungi penjual dari klaim pembeli yang mengaku telah mengirim uang yang tidak ada catatan bukti pembayarannya, setiap pembelian menggunakan Paypal selalu ada catatan bukti pembayarannya di account Paypal pengirim dan penerima uang, sebagai bukti jika benar telah terjadi pengiriman uang.
Dari sini bisa diambil kesimpulan menggunakan Paypal lebih aman dari alat pembayaran online lain bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan dapat melakukan komplain jika terjadi sesuatu.

Awal Mula Paypal

Perusahaan Paypal (Paypal corp.) seperti yang dikenal sekarang adalah penggabungan antara perusahaan Confinity dan X.com pada tahun 2000. Confinity didirikan pada Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin, awalnya sebagai alat pembayaran Palm Pilot dan sebagai perusahaan kriptograpi (ilmu pembacaan sandi, tulisan-tulisan atau angka-angka rahasia). Sedangkan X.com didirikan oleh Elon Musk pada maret 1999, yaitu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan.
Kedua perusahaan lokasi pertamanya adalah kantor di 165 University Avenue di Palo Alto, California, rumah dari beberapa pemula di Silicon Valley.
Ebay melihat perkembangan penggunaan Paypal dan menyimpulkan Paypal cocok sebagai salah satu alat pembayaran di ebay. Pada mei 1999 ebay membeli Billpoint dan menjadikan Billpoint sebagai alat pembayaran utama ebay saat itu dan membuat Billpoint khusus hanya untuk alat pembayaran di ebay saja, karenanya Paypal hanya tampil beberapa kali sebagai pilihan alat pembayaran di ebay dibandingkan Billpoint.
Tetapi masyarakat lebih menyukai Paypal karena mudah dan lebih aman; pada Februari 2000 rata-rata ada 200.000 penawaran barang perhari yang menggunakan Paypal sedangkan Billpoint hanya 4.000 penawaran. Pada april 2000 lebih dari 1 juta penawaran menggunakan Paypal.
Akuisisi oleh ebay
Pada tahun 2002 ebay mengakuisisi Paypal sebesar US$ 1,5 Miliar. Paypal sebelumnya telah digunakan sebagai alat pembayaran favorit dengan lebih dari 55% pengguna ebay dan mengalahkan alat pembayaran ebay lainnya saat itu Billpoint. Ebay akhirnya menghapus layanan Billpoint untuk memperkuat Paypal brand untuk ebay.
Banyak saingan utama Paypal akhirnya bangkrut atau dijual, Citibank c2it tutup pada akhir 2003, Yahoo PayDirect tutup pada akhir 2004, Western union mengumumkan menutup layanan BidPay pada 2005 dan menjualnya pada CyberSource Corporation pada tahun 2006. Saingan Paypal lainnya seperti Moneybookers dan Kagi masih bertahan hingga sekarang.
Pada kuarter pertama 2006 total transaksi melalui Paypal senilai US$8 Miliar, meningkat 41% dari tahun ke tahun. Perusahaan tetap fokus kepada perkembangan secara internasional dan kepada peningkatan pada divisi layanan merchant, dan menyediakan alat pembayaran online bagi pengguna ebay.

Anda Ingin Mempunyai Paypal ?

Syarat Umum

Pemegang account Paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih dan mempunyai :

1) Alamat email = Sebagai username account Paypal Anda nantinya.
2) Kartu kredit = Untuk mengaktifkan/verified accountnya pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu yang diterima (sekarang bisa verified menggunakan Kartu Prepaid dari Payoneer).
3) Untuk bisa withdraw dari paypal, anda harus mempunyai salah satu dari kartu kredit Visa, kartu debit Visa, prepaid card Visa, atau Payoneer)

Sebelum mulai mendaftar, siapkan data-data anda untuk membuat account Paypal seperti Email, Nama, Alamat, Telp, Nomor kartu kredit (Pastikan Nama, Alamat, Telp yang akan anda isi untuk pendaftaran sama dengan data pada kartu kredit anda)
1. Masuk ke situs Paypal
(Untuk keamanan pastikan alamat situs yang tertulis di address bar browser adalah alamat website resmi Paypal https://www.paypal.com/ atau bisa juga klik banner di bawah ini.

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

2. Klik bacaan SignUp Now! untuk mendaftar
3. Selanjutnya ada pilihan negara, karena anda di Indonesia pilih Indonesia. Lalu pilih tipe account yang anda inginkan, untuk pendaftar baru di Indonesia disarankan memilih yang personal account dahulu, anda dapat Upgrade kemudian ke tipe Premiere account atau Business account dengan mudah dan gratis sesuai kebutuhan. Setelah itu tekan Continue.
Selanjutnya masukan informasi anda seperti Nama, Alamat, Telp, Email (Pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi untuk pendaftaran sama dengan data kartu kredit anda).

Untuk mata uang biarkan tetap U.S. Dollars karena Rupiah belum ada.

Contoh penulisan nomor Telepon yang benar : 02177755555 atau 021-77755555. Contoh penulisan nomor Mobile phone yang benar : 08123456789

Email yang anda masukan akan menjadi username Paypal anda untuk login atau bertransaksi menggunakan Paypal kemudian Isi Password anda dengan kombinasi huruf dan angka agar password anda lebih aman, minimal 8 karakter

Pada Password Recovery pilih dan isikan 2 pertanyaan dan jawaban pribadi untuk mendapatkan password anda kembali jika suatu saat anda lupa password

Baca lagi User Agreement dan Privacy Policy jika diperlukan, lalu beri tanda centang pada Yes, dan ketikan kode pengaman yang berwarna kuning pada kolom yang tersedia tanpa spasi.

Periksa lagi dan pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi sesuai dengan data kartu kredit anda, jika sudah yakin tekan Sign Up

Dibagian selanjutnya diinstruksikan untuk memasukan Nomor kartu kredit anda yang akan digunakan untuk memasukan dana ke account Paypal anda, Jika sudah klik Add Card.

Jika anda tidak ingin memasukan data kartu kredit anda sekarang klik Cancel, anda dapat memasukan data kartu kredit anda kemudian setelah login di halaman My Account
4. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa anda telah mendaftar dan untuk mengaktifkan account Paypal, buka email dari Paypal tersebut dan klik link konfirmasi yang terdapat didalamnya untuk konfirmasi bahwa anda adalah pemilik email tersebut
5. Setelah itu anda akan dibawa kembali ke situs PayPal dan masukan password anda lagi (anda harus memasukan password anda setiap ke situs PayPal) lalu klik Confirm, lalu klik lagi Continue, setelah itu anda akan masuk ke halaman My Account
6. Jika anda sudah memasukan data kartu kredit di halaman My Account akan ada bacaan Expanded option (pilihan), baca dengan teliti instruksinya, anda di instruksikan untuk menekan tombol Get Number untuk menjadi Verified member Paypal (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh Paypal)
Pilihan 1 :
Untuk mendaftar menjadi Verified member Paypal sekarang tekan tombol Get Number untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari Paypal, yang akan dikirimkan kedalam statement bulanan kartu kredit anda selanjutnya, kartu kredit anda akan di charge $1.95 USD untuk keperluan ini. Tujuan mengirimkan kode keamanan Paypal ini adalah untuk memastikan bahwa alamat yang anda berikan adalah benar (bukan alamat fiksi belaka). Jika anda sudah mendapatkan 4 digit kode keamanan tersebut dari statement bulanan kartu kredit anda, login dengan account Paypal anda, kemudian dihalaman My Account klik bagian Activate Account - Complete Expanded Use Enrollment, setelah anda memasukan 4 digit kode keamanan tersebut account paypal anda akan menjadi Verified member dan akan ditambahkan $1.95 USD kedalam account Paypal anda otomatis karena menjadi Verified member, jadi hitung-hitung gratis. Setelah anda mengklik tombol Get Number anda akan dibawa ke halaman My Account….
Pilihan 2 :
Jika anda tidak ingin menjadi Verified member sekarang lewatkan bagian Expanded Version ini, klik bagian Activate Account lain waktu dihalaman My Account setelah login untuk mendaftar menjadi Verified member agar limit dana anda tidak dibatasi, setelah anda melewatkan bagian Expanded Version anda akan dibawa ke halaman My Account….

Selesai, selamat anda telah memiliki account Paypal!

Anda sudah dapat menggunakan account Paypal anda sekarang juga
Catatan :
Sekarang anda sudah mempunyai account Paypal Unverified member dengan limit $100 USD untuk melakukan pembayaran atau mengirim uang ke account Paypal lain, untuk menghilangkan limit Account paypal anda harus menjadi Verified member (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh Paypal) dengan cara mengikuti Langkah No.6 diatas
Jika anda belum memasukan atau ingin menambah kartu kredit, login dengan account Paypal anda dan klik Add card di halaman My Account

Untuk bisa withdraw menarik uang dari balance paypal, anda sudah harus menjadi verified member.

(dari berbagai sumber)

ARTIKEL E-COMMERCE

HUKUM E-COMMERCE DIINDONESIA

Hukum e-commerce di Indonesia secara signifikan, tidak mencover aspek transaksi yang dilakukan secara online (internet). Akan tetapi ada beberapa hukum yang bisa menjadi pegangan untuk melakukan transaksi secara online atau kegiatan E-Commerce. Yaitu :

  1. Undang-Undang No. 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan (UU Dokumen Perusahaan) telah menjangkau ke arah pembuktian data elektronik. Dalam Ketentuan Umum, Pasal 1 ayat 2 tentang dokumen perusahaan yg isinya
    Dokumen perusahaan adalah data, catatan, dan atau keterangan yang dibuat dan atau diterima oleh perusahaan dalam rangka pelaksanaan kegiatannya, baik tertulis di atas kertas atau sarana lain maupun terekam dalam bentuk corak apapun yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar.

    Dan tentang Pengalihan Bentuk Dokumen dan Legalisasi Pasal 12 ayat 1 dan Pasal 15 ayat 1 dan 2 yang isinya berturut-turut
    Dokumen perusahaan dapat dialihkan ke dalam mikrofilm atau media lainnya.

    Dokumen perusahaan yang telah dimuat dalam mikrofilm atau media lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1) dan atau hasil cetaknya merupakan alat bukti yang sah.

    Apabila dianggap perlu dalam hal tertentu dan untuk keperluan tertentu dapat dilakukan legalisasi terhadap hasil cetak dokumen perusahaan yang telah dimuat dalam mikrofilm atau media lainnya.

    Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Undang-undang di atas berisi tentang pernyataan bahwa Dokumen perusahaan (data/bukti transaksi jual beli) adalah sah dengan syarat dapat dilihat, dibaca atau didengar dengan baik. Dan data dalam bentuk media elektronik (dsebutkan mikrofilm atau media lain) seperti video, dokumen elektronik, email dan lain sebgainya yang dapat dikatakan sebagai Dokumen merupakan alat bukti yang sah.

  2. Pasal 1233 KUHP, yang isinya sebagai berikut
    Perikatan, lahir karena suatu persetujuan atau karena undang-undang.
    Berarti dengan pasal ini perjanjian dalam bentuk apapun dperbolehkan dalam hukum perdata Indonesia. Dapat sering kita jumpai ketika kita menggunakan fasilitas gratisan seperti email ada Term of Use-nya terus ada Privacy Policy-nya dan lain sebagainya.

  3. Pasal 1338 KUHP, yang isinya mengarah kepada hukum di Indonesia menganut asas kebebasan berkontrak. Asas ini memberikan kebebasan kepada para pihak yang sepakat untuk membentuk suatu perjanjuan untuk menentukan sendiri bentuk serta isi suatu perjanjian. jadi pelaku kegiatan e-commerce dapat menentukan sendiri hubungan hukum di antara mereka.
Demikian sekilas tentang Hukum E-Commerce di Negara kita Indonesia, dilihat dari segi hukumnya tentu dapat dikatakan sudah mendukung. Namun masyarakat indonesia sendiri terlihat masih enggan atau bisa dibilang takut atau juga belum biasa untuk melakukan kegiatan e-commerce. Jadi di sini yang masih jadi hambatan e-commerce di Indonesia adalah faktor budaya masyarakatnya sendiri.



Sumber : Modul BSI, UU No.8 tahun 1997 tentang Dukumen Perusahaan